Senin, 12 Oktober 2009

Waspadai 8 Jenis Makanan Berkadar Gula Tinggi - 2

5. Sereal kaya gula
Hati-hati dalam memilih sereal. Banyak sereal yang kaya gula sederhana. Gula sederhana ini akan membuat Anda kenyang untuk sesaat. Seringkali sereal instan hampir tidak mengandung kalori. karena itu, ada baiknya memilih oatmeal atau sereal whole grain dengan tambahan topping buah.

6. Kue dan permen
Pada dasarnya, makanan ini hanya mengandung kalori kosong, kaya gula dan mendatangkan sedikit manfaat. Sebagian besar malah kaya akan lemak trans. Seratus gram kue atau permen mengandung 37-66.6 gram gula. Karena itu, ada baiknya memilih snack yang lebih sehat seperti buah kering atau kacang-kacangan.

7. Es krim dan dessert
Banyak es krim komersial menawarkan produk yang kaya akan minyak yang telah dihidrogenasi, sirup jagung yang kaya fruktosa, dan susu kering. Satu es krim mengandung kira-kira 17 sendok teh gula.

8. Buah, jus buah
Berbeda dengan gula meja (sukrosa), gula buah yang dikenal dengan fruktosa akan dipecah tubuh secara perlahan sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah. Anda bisa membedakan buah yang kaya gula atau tidak melalui rasa, semakin manis maka semakin banyak kandungan gulanya. Bagaimana dengan jus? Jus buah telah kehilangan serat. Padahal kandungan air dan serat dalam buah berfungsi membuat Anda lebih kenyang. Karena itu, ada baiknya mengonsumsi buah utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar