Senin, 12 Oktober 2009

Sepuluh Rahasia Hemat BBM - 1

Liputan6.com, Washington:
Pada masa sekarang fungsi kendaraan tak dapat dilepaskan dari kehidupan kita. Tentunya, peran bahan bakar sebagai "makanan" kendaraan juga sangat penting. Bahan bakar yang banyak dipakai, bahan bakar minyak (BBM), tidak akan ada selamanya, karena merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Sementara para pakar sedang berusaha mencari energi alternatif, kita hendaknya menghemat penggunaan BBM ini sedini mungkin. Berikut sepuluh tips menghemat bahan bakar versi MSN.com yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Mengemudi Dengan Santai
Mengubah cara Anda mengemudi adalah cara yang efektif mengurangi konsumsi bahan bakar mobil. Berdasarkan Environmental Protection Agency (EPA) di Washington, Amerika Serikat, berkendara dengan santai dan tidak ugal-ugalan akan menghemat 33 persen penggunaan bahan bakar di jalan luar kota dan lima persen di jalan dalam kota. Hentikan pula kebiasaan menderung-derungkan mesin kendaraan di lampu merah dan menghentak maju saat lampu hijau.

2. Jangan Berhenti Mendadak
Jangan menghentikan kendaraan secara mendadak. Sebisa mungkin kurangi menginjak pedal rem. "Ketika Anda menginjak rem, Anda sebenarnya membuang energi," ujar Manajer General Motors, Eric Kaufman. Perhatikan secara saksama jalanan di depan Anda dan berbelok perlahan di tiap tikungan.

3. Perhatikan Batas Kecepatan
Mobil atau truk yang melaju pada kecepatan 80 kilometer per jam lebih hemat 15 persen konsumsi bahan bakar ketimbang kendaraan bertipe sama namun berkecepatan 100 kilometer per jam. Meski penggunaan optimal bahan bakar pada tiap kendaraan berbeda-beda, bahan bakar biasanya berkurang lebih cepat pada kecepatan di atas 96 kilometer per jam.

4. Gunakan Alat Navigasi (Cruise Control)
Mungkin Anda tidak terlalu familiar dengan Cruise Control. Memang tidak banyak kendaraan, terutama di Indonesia yang memiliki alat canggih seperti ini. Namun, jika digunakan secara maksimal Cruise Control mampu menghemat penggunaan BBM. Alat ini memuluskan input pengendara, membantu mengawasi laju kendaraan, dan memberikan informasi mengenai semua hal di jalanan.

5. Hindari Membiarkan Mesin Menyala Terlalu Lama
Membiarkan mesin menyala lebih membuang bahan bakar ketimbang mematikan dan menyalakannya lagi. Jadi, ketika Anda terjebak dalam kemacetan panjang, matikan mesin kendaraan. Jangan biarkan BBM yang berharga itu lenyap tak berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar